Selasa, 16 Mei 2023

KAMU TAU GA MANFAAT BUNGA ASOKA??????

 Yuk cari tau jawabannya!!!!!


1. Mitologi Bunga Asoka

Bunga asoka mempunyai kaitan erat dalam mitologi agama Hindu dan Budha. Nama “asoka” diambil dari bahasa Sansekerta, artinya adalah “tanpa duka”. Dalam agama Buddha, dipercaya bahwa tokoh yang menyebarkan agama Buddha lahir di bawah pohon asoka. Selain itu, seorang raja penganut agama Buddha yang merupakan penguasa kekaisaran Maurya Gupta di tahun 273 – 232 SM juga disebut sebagai Raja Asoka.Di India, bunga asoka dianggap sebagai tanaman yang suci. Hal ini karena umat Buddha dan Hindu percaya bahwa tumbuhan ini ada hubungannya dengan Yakshi. Yakshi adalah mahluk mitologi kepercayaan kedua agama tersebut. Oleh karena itu, di masa India Kuno bunga asoka hanya bisa ditemukan di sekitar area kerajaan. Pada masa itu, tanaman ini tidak bisa ditanam sembarangan oleh masyarakat umum.

Di Indonesia, pohon asoka dulu sangat mudah ditemukan di sekitar rumah. Tumbuhan ini sering disebut sebagai bunga soka. Dahulu anak-anak Indonesia sering bermain dengan bunga ini.Bagian nektarnya yang manis sangat disukai oleh anak-anak. Mereka akan memetik kelopak bunga, kemudian akan ditekan-tekan hingga keluar cairan bening, kemudian mereka menghisap cairan manis mirip madu yang keluar dari bunga soka.Cairan manis tersebut bukan air biasa, tetapi cairan bunga yang bercampur dengan nektar dan menghasilkan rasa manis seperti madu. Terkadang saat berusaha menghisap nektar yang manis ini, anak-anak harus bersaing dengan serangga seperti lebah dan lain-lain. Sehingga tak jarang banyak yang tersengat. Namun karena inilah, bunga asoka menjadi lekat dengan kehidupan anak Indonesia.Bukan hanya menghisap nektarnya, anak-anak Indonesia biasa merangkai bunga asoka hingga menjadi gelang. Bahkan ada juga yang membuatnya menjadi mahkota. Biasanya kegiatan ini dilakukan oleh anak-anak perempuan di pedesaan.

2. Ciri Bunga Asoka
  
1. Akarnya merupakan jenis akar tunggang yang tumbuh menjalar kebawah.
2. Pohon asoka dapat tumbuh hingga ketinggian 7 meter.
3. Batang asoka tumbuh tegak dan berbentuk bulat.
4. Diameter batang mencapai 40 cm dan berupa kayu keras dengan sistem percabangan simpodial.
5. Daun tanaman asoka berbentuk lonjong dengan bagian ujung meruncing. 



3. Manfaat Bunga Asoka

Tanaman asoka lebih dikenal sebagai tanaman hias karena bentuknya yang cantik dan warna bunga cerah. Tetapi, pohon asoka juga memiliki manfaat baik lainnya, terutama bagi kesehatan tubuh.

Berikut ini beberapa manfaat tanaman bunga asoka:

1. Sebagai Antioksidan

2. Mengatasi Menstruasi Tidak Teratur

3. Obat Luka & Memar

4. Obat Kaki yang Kram

5. Obat Disentri

6. Mencerahkan Kulit


0 komentar:

Posting Komentar